Header Ads

Layang-layang Terbang di Pangandaran

Sekitar dua ratus layang-layang terbaik di dunia akan diterbangkan di langit Pangandaran, Kabupaten Ciamis, pada 16-17 Juli 2011. Festival yang diikuti peserta dari 12 negara itu juga akan dimeriahkan dengan pergelaran wayang golek dan rampak dalang dari para putra dalang kenamaan di Jawa Barat.

Layang-layang (layangan)

Liannawati, pemain dan pembuat layangan Indonesia mengatakan, beberapa peserta festival pernah memenangi penghargaan, baik tingkat nasional maupun internasional. Salah seorang peserta di antaranya pernah mencatat rekor Guiness Book of World Records dengan layangan karyanya yang berukuran seluas lapangan sepak bola. Para peserta festival nanti berasal dari 12 klub dari 12 negara, di antaranya Vietnam, India, Amerika Serikat, dan Selandia Baru. Dari Indonesia sendiri, sebanyak 34 klub dari 10 provinsi juga turut memamerkan hasil karyanya.

Menurut Lianna, festival layang-layang bertujuan untuk kembali mengangkat tradisi dan budaya lokal. Hampir di setiap negara, bentuk layang-layang dipengaruhi budaya setempat. "Setiap layangan dari satu negara biasanya menarik perhatian negara lain karena memiliki keunikan masing-masing," ujarnya.

Pangandaran International Kite Festival merupakan ajang tahunan yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat. "Tahun lalu hanya 5 negara yang jadi peserta, sekarang ada 12 negara. Kegiatan ini akan terus didukung untuk mengenalkan Jawa Barat kepada dunia", ujar Kepala Bidang Pariwisata Disbudpar Jawa Barat Agus Sapitra. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengenalkan kawasan Pangandaran kepada masyarakat dunia sebagai salah satu objek wisata unggulan Jawa Barat.


Retno & C. Wijaya Sari, JOY DEDICATION Blog | 14/7/11(3)-Daraoraura

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.