28 September 2011

Harga Sewa Kios di RTC Bandung

Pedagang eks Pasar Dangdeur menyambut baik imbauan untuk pindah dari lokasi sementara Griya Al Ma'soem ke lokasi baru di Pasar Higienis Rancaekek Trade Center (RTC). Meski demikian, para pedagang meminta kepastian dari pemerintah agar mereka mendapat harga sewa kios yang wajar di RTC. Salah seorang pedagang, Ny. Sinaga, mengaku bersyukur dengan rencana pemindahan seluruh pedagang dari Griya Al Ma'soem ke RTC. Menurut dia, pascakebakaran Pasar Dangdeur pada tahun 2005 lalu, dia bersama pedagang lain terpaksa berjualan di lahan Griya Al Ma'soem.

Pasar Higienis Rancaekek Trade Center (RTC)

Rancaekek Trade Center (RTC) Bandung
(sumber: bandung.olx.co.id)

Namun, setelah Rumah Trade Center (RTC) rampung, dia mencoba dengan membeli kios berukuran 2 x 2,7 meter di lokasi tersebut. "Dulu saya beli kios ini seharga Rp 236 juta. Saya baru bayar uang muka sebesar tiga puluh persen. Sisanya dicicil, tetapi belum ada kepastian berapa kali sehingga belum dibayar," ujar warga Kampung Bojongjati, Desa Bojongloa, Kec. Rancaekek, Kab. Bandung itu. Meskipun demikian, dirinya mengaku omzet penjualan telur ayamnya di RTC tidak pernah sebesar pada saat lokasi itu masih berupa Pasar Dangdeur lama. Jika dulu dalam sebulan ia mampu menjual berton-ton telur, sedangkan di RTC dia hanya mampu menjual puluhan kilogram telur.

Pedagang lainnya, yaitu Dadan, mengaku masih sedikit khawatir dengan aturan dan besaran sewa kios jika harus pindah ke RTC. "Jika memang pemerintah dan pengelola menjanjikan biaya sewa yang sama dengan di Griya, tidak ada masalah. Namun, kami perlu jaminan," ujarnya.

Menanggapi masalah tersebut, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kab. Bandung, Bambang Budiraharjo, mengimbau pedagang agar tidak mengkhawatirkan masalah sewa. "Pihak RTC sudah menegaskan langsung kepada Wakil Bupati bahwa biaya sewa tidak akan jauh berbeda dengan sewa kios di Griya Al Ma'soem," ujarnya. Sebelumnya, Budi juga sempat mengatakan, pedagang tak perlu khawatir akan keterbatasan jumlah kios di RTC. Menurutnya, pengembang siap menambah kios baru jika memang diperlukan.


JOY DEDICATION Blog | 26/9/11(3)-Daraoraura

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang terhormat, terima kasih telah membaca artikel di atas. Silahkan jangan sungkan untuk memberikan komentar atau tanggapan melalui Kolom Komentar yang tersedia di bawah.

Salam Hormat
[Dany Noor, admin blog Joy Dedication]

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More