Header Ads

Car Free Night Jalan Braga, Bandung

Belum pun tuntas dengan kepastian program 'Jalur 4 in 1' yang rencananya akan diterapkan di kawasan Pasteur (akses Tol Padalarang-Cileunyi Pasteur) Bandung, kini Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung dalam waktu dekat juga akan segera meluncurkan, sekaligus menguji coba, program baru berupa Car Free Night (CFN). Uji coba program baru tersebut rencananya akan dilaksanakan di kawasan Jalan Braga, Bandung. Dari uji coba tersebut, diharapkan bisa diketahui sejauh mana potensi kemacetan yang akan terjadi akibat diberlakukannya Car Free Night tersebut.

Pemberlakuan Car Free Night di Jalan Braga Kota Bandung

Ilustrasi (lokasi: Jalan Braga, Bandung)
(foto: www.speedyfair.blogspot.com)

Kasatlantas Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Besar Yully Kurniawan menyatakan, untuk konsep rekayasa jalan dan lainnya Satlantas Polrestabes sudah siap. Namun, tetap diperlukan uji coba untuk mematangkan konsep tersebut sebelum kawasan Car Free Night ini benar-benar dilaksanakan. "Kami hanya menindaklanjuti apa yang disampaikan oleh Pak Wali Kota. Prinsipnya, kami mendukung diberlakukannya CFN di Braga. Makanya kita atur dan dipersiapkan," tutur Yully kepada wartawan, Kamis (14/3/2013).

Yully menambahkan, pihaknya akan segera melakukan uji coba Car Free Night agar dalam pelaksanaan secara permanen bisa lancar dan tidak sampai menimbulkan dampak yang akan mengganggu masyarakat. "Akan segera diujicobakan. Kalau tidak Sabtu (16/3/2013) malam nanti, ya mungkin Sabtu depannya (23/3/2013). Tapi yang jelas bulan ini harus diujicobakan dulu," katanya. Lewat uji coba ini, tambah Yully, pihaknya akan mengetahui sejauh mana respons dari masyarakat dan juga akan diketahui dampak yang akan timbul. Rekayasa jalan sendiri, katanya, sudah dibuat konsepnya dan diharapkan akan sejalan dengan situasi kondisi di lapangan. Dalam uji coba itu, Yully menyatakan pihaknya akan menerjunkan sejumlah personel guna mengatur arus lalu lintas.

"Braga itu satu-satunya akses di kota dari selatan ke utara. Makanya kami akan lihat dulu bagaimana baiknya rekayasa, meski secara konsep sudah dibuat," kata Yully. Dalam ujicobanya nanti, rencananya akan dilakukan penutupan Jalan Braga selepas pukul 19.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB. Namun, Satlantas sendiri memiliki konsep lainnya, di mana Car Free Night ini akan dilanjutkan pagi harinya dengan Car Free Day. "Rencananya seperti itu, digabungkan. Malamnya CFN, pagi harinya CFD. Kami akan lihat dulu bagaimana respons masyarakat meskipun sekarang pun mereka meminta agar Braga dijadikan CFN atau CFD," ujar Yully.

Car Free Night Secara Permanen

Jika uji coba berjalan lancar, kemungkinan besar di malam Minggu pertama awal bulan CFN secara permanen sudah bisa digelar. Yully menyatakan, untuk dapat menetapkan kawasan CFN itu, pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan Pemkot Bandung. "Ini kerja bareng, pemkot dan polisi. Jadi, nanti kita koordinasikan dulu. Tapi kalau uji coba lancar, awal April sepertinya Car Free Night dan Car Free Day Braga sudah bisa dimulai," ujar Yully.

Bagaimana dengan Program 'Jalur 4 in 1'?

Terkait dengan penerapan sistem 'Jalur 4 in 1' yang diberlakukan di Jln. Dr Djunjunan (Pasteur) pada setiap Sabtu, Yully menyatakan, saat ini pihaknya sudah menerima draf keputusan wali kota dari Dinas Perhubungan Kota Bandung. Yully berharap, keputusan wali kota itu akan segera disahkan sehingga nanti pihaknya akan memiliki payung hukum yang jelas dalam penindakan di lapangan.

@@@

A-113 H.U. "Pikiran Rakyat", JOY DEDICATION Blog | 15/03/13(5)-Daraoraura

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.